Sidebar Melorot

Sidebar Melorot, Sidebar Bermasalah, questionSudah seminggu lebih, saya mengupdate lagi blog ini dengan beberapa artikel. Namun selama itu juga saya dibuat pusing dengan sidebar yang bermasalah. Melorot dan melorot. Ah… (bikin rambut tambah rontok neh…) saya tangani sendiri berbekal ilmu yang sudah dapat sebelumnya dibeberapa kali melakukan blogwalking. Dan… Nihil! Malah tambah parah. Saking parahnya, templatenya saya ganti sampe berkali-kali. Bahkan sampai saya kembalikan dalam bentuk template klasiknya om blogger.

Yang paling menjengkelkan, semua widget dan terutama kode-kode yang ditaruh di sidebar semua pada berantakan bahkan ada beberapa yang sudah susah untuk disesuaikan lagi dengan template sekarang ini.

Akhirnya, saya kembali lakukan surfing ke blognya para master. Dapat blognya Kang Rohman. Berikut potongan dan ringkasan dari artikelnya “Sidebar Melorot“:

Ok langsung aja biar ga tambah pusing. faktor-faktor penyebab sidebar bisa melorot yaitu :

# kita memasukan image atau foto ataupun banner yang ukurannya melebihi lebar element posting

sebuah gambar atau foto ataupun banner yang lebarnya melebihi lebar element posting tidak bisa di otomatisasi pindah kebawah karena tentu saja sebuah gambar adalah satu kesatuan yang utuh sehingga tidak bisa di bagi dua atau di bagi tiga, lain halnya dengan tulisan biasa yang tiap kata mempunyai jarak spasi sehingga bisa di pisahkan. trus bagaimana cara mengatasi hal ini? Untuk mengatasi hal ini tentu saja kita harus memperkecil ukuran lebar dari gambar tadi, caranya yaitu edit kembali postingan yang terdapat gambar tersebut, lalu ketika berada pada kolom posting pilih menu Compose, setelah terlihat gambar yang terlalu besar tadi, arahkan mouse kedalam gambar lalu klik.Jika gambar mouse berubah menjadi anak panah penjuru, arahkan pada tepi gambar tersebut sehingga gambar mouse menjadi anak panah dua arah klik lalu tahan dan geser. setelah gambar di perkecil, ya tinggal di publish lagi trus di lihat apa masih melorot atau sudah baik, jika masih melorot ya tinggal di perkecil lagi gambarnya.

cara yang kedua adalah memberi sedikit kode HTML tambahan yaitu width=”….” pada kode image tersebut, tapi tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu lebar dari element posting kita, untuk mengetahui lebar dari element posting, kita bisa melihat dari template yang kita pakai, setiap template berbeda-bada sehingga saya tidak bisa memberi patokan di manakah letak lebar element posting. tapi bagi anda yang masih bingung ya tinggal di coba aja, trus kalau masih kelebaran ya tinggal di perkecil lagi.

# Memasukan kode HTML yang telalu panjang

Kode HTML yang di pajang pada postingan apabila terlalu panjang ini juga bisa menyebabkan sidebar menjadi melorot, sebagai contoh saya sering memberikan kode HTML kepada para pengunjung untuk bisa mengcopy nya, dan tentunya ini beresiko sidebar menjadi melorot. Untuk mengatasinya saya tuliskan tiga jalan alternatif yakni membuat text area sebagai tempat untuk menyimpan kode-kode yang di rasa sangat panjang, memperkecil ukuran hurup kode HTML tersebut, mencantumkan keterangan bahwa kode tersebut adalah dalam satu baris.

jalan yang terbaik untuk memuat kode HTML yang terlalu panjang adalah dengan membuat text area (cara membuat text area lihat di sini), karena sepanjang apapun kode tersebut tidak akan berpengaruh terhadap lebar element posting sebab yang menjadi ukuran adalah lebar dari text area.

Untuk kode yang relatif agak pendek kita bisa mencoba memperkecil ukuran huruf kode tersebut, untuk memperkecil ukuran huruf tentu saja harus menambahkan suatu kode, kode tersebut bisa berupa :

… kode yang ingin di perkecil …

nilai dari font size itu tergantung anda tapi yang jelas ukurannya kurang dari 1. contoh “0.1” , “0.2” , “0.3” dan lain-lain. Untuk melihat kode yang sudah saya perkecil silahkan klik di sini.

# Memuat address link yang terlalu panjang

Ada kalanya apabila kita mengambil suatu tulisan dari blog lain dan ingin membuat permanent link ke tulisan tersebut, kita menuliskan address artikel tersebut terlalu panjang. Contoh :

tulisan ini saya ambil dari http://kolom-tutorial.blogspot.com/2007/04/kode-html-tampil-di-posting.html milik bang rohman

address artikel tersebut sebenarnya bisa di singkat dengan cara :
tulisan ini saya ambil dari kolom tutorial milik bang rohman

dan yang akan tampil di blog akan seperti ini :
tulisan ini saya ambil dari kolom tutorial milik bang rohman

# Memasukan karakter huruf tanpa ada jeda spasi

Bila kita memasukan suatu karakter huruf terlalu panjang tanpa ada jeda spasi, maka karakter tersebut tidak akan bisa di otomatisasi sehingga akan menabrak dinding element posting dan berakibat sidebar jadi melorot. contohnya kita memasukan karakter sama dengan “======”, garis bawah “______” tanda bintang ” ****** “, tanda pagar ” ##### “, dan yang lainnya. Solusinya bila kita ingin memasukan karakter tersebut ya masukin sampai batas dinding element posting jangan lebih

Trus bagaimana kalau semua solusi di atas sudah di lakukan tapi sidebar masih melorot? Jalan keluarnya ya ganti aja templatenya, mungkin template yang anda pakai bermasalah. Cuma jika mau ganti template jangan lupa untuk mengcopy seluruh data template tersebut, ini berguna karena dalam template lama tadi banyak data-data penting semisal kode shoutbox, link, kode gambar dan lainnya. Sehingga ketika mengedit template baru anda tidak usah bolak-balik ke situsnya. untuk mengambil kode.

Hm… berbekal ilmu ini saya menemukan masalahnya di judul postingannya yang terlalu panjang. So, saya langsung buat postingan baru dengan artikelnya yang judulnya terlalu panjang. Sedangkan judulnya saya bikin baru, pendek dan selesainya mantap…berhasil!

Sekarang tinggal mencari template yang cocok buat saya. Maafkan buat teman-teman yang terganggu kenyamanannya.

3 responses to “Sidebar Melorot

  1. Wah, kayaknya karena banyak teman2 senasib ni. apa mungkin karena blogger.com baru2 ini menambah fitur shg ga cocok ama templatenya

    Btw, blognya bagus bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s