Topik Untuk Dapat Duit Dari Adsense

Hem.. hari ini saya menemukan suatu artikel yang bagus dari wellymulia.com sayang kalau gak diembat en dicopy. Berikut bunyi artikel bagus itu:

Kita semua tahu bahwa program Google Adsense akan membayar anda apabila ada orang yang meng-klik iklan Adsense di website anda.

Nah sekarang pertanyaannya adalah: “Saya mau bikin website ttg apa yah?”

Tentunya anda pasti mau mendapatkan duit sebanyak-banyaknya dari Adsense, dan untuk itu anda perlu ketahui bahwa TIDAK semua jenis iklan menghasilkan duit yang sama.

Ada iklan yang membayar kita duit lebih banyak disbanding iklan lain, dan anda perlu mencari tahu iklan-iklan seperti apa yang akan menghasilkan uang lebih banyak.

Dalam artikel ini, saya mau sharing kepada anda bagaimana mengechek apakah topik website yang anda pilih akan menghasilkan iklan Adsense yang murah atau yang mahal.

Pergilah ke Google Keyword Tool dan anda akan bertemu halaman seperti ini:

google-keyword-1.JPG

Misalnya anda mau bikin website ttg Tom Cruise, masukanlah kata “Tom Cruise” (tanpa kutip) seperti diatas. Lalu tekan “Get Keyword Ideas”.

Halaman ini akan muncul:

google-keyword-2.JPG

Klik pada tulisan “Show/hide columns” dan sebuah drop-down box akan muncul:

google-keyword-3.JPG

Pilihlah “Show estimated ad position” dan “Show estimated avg CPC”.

google-keyword-4.JPG

2 column akan muncul “Estimated Ad Position” dan “Estimated Avg CPC” seperti diatas. Lalu anda klik “Indonesian Rupiah (IDR Rp)”.

google-keyword-5.JPG

Pilih “US Dollars (USD $)” dan anda akan bertemu dengan halaman berikut ini:

google-keyword-6.JPG

Klik pada kolum “Avg Search Volume”.

Lalu masukan, misalnya 0.2 dan tekan “Calculate” seperti lingkaran merah dibawah ini:

google-keyword-7.JPG

Setelah itu anda akan lihat angka-angka pada column “Estimated Ad Position” dan uang-uang pada column “Estimated Avg CPC” (seperti yang di lingkaran hijau diatas).

“Estimated Ad Position” artinya dengan uang yang anda masukan tadi ($0.20), kira-kira posisi iklan anda akan berada di 1-3. Semakin tinggi posisi iklan anda berarti semakin mahal pula biaya iklannya. Setelah 1-3, posisi iklan dibawahnya adalah 4-6, 7-10.

”Estimated Avg CPC” adalah estimasi biaya iklan yang akan anda bayar.

Untuk contoh diatas, dengan $0.20 anda sudah bisa mendapatkan posisi iklan tertinggi (1-3). Bahkan untuk dapat posisi tertinggi, anda gak perlu bayar sampai $0.20, anda hanya perlu bayar $0.15 (tom cruise movie).

Apa artinya semua ini? Artinya membangun website ttg Tom Cruise tidak akan memunculkan iklan Adsense yang mahal. Anda bisa lihat sendiri contoh diatas, yang paling mahal aja cuma $0.15. Catatan: gambar yang diatas kan saya potong, sebenarnya kalau di lanjutin sampai bawah, ada keywords-keywords tertentu yang berhubungan dengan “Tom Cruise” yang lebih mahal dari $0.15 (tapi gak beda jauh).

Anda bisa melihatnya dengan meng-klik di “Estimated Ad Position”:

google-keyword-8.JPG

Klik beberapa kali disitu sampai gambar segitiganya menunjuk ke bawah. Dengan contoh diatas, artinya keywords “list of tom cruise movies” hanya akan mendapatkan posisi 4-6 walaupun biaya iklannya $0.14. Artinya untuk mendapatkan posisi 1-3, biaya iklannya lebih mahal dari $0.14. Anda bisa menge-checknya dengan memasukan lagi, misalnya $0.30, dan lihat apakah posisi iklannya berubah menjadi 1-3.

Setelah melakukan riset diatas, anda menemukan ternyata keywords “Tom Cruise” tidak akan menghasilkan iklan Adsense yang bayarannya gede. Jadi carilah topik-topik lain dan ulangi langkah-langkah yang diatas untuk mendapatkan keywords yang bayarannya lebih besar J

Jika anda ketemu keywords tsb, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah keywords tsb ada yang cari atau tidak. Percuma kan kita target keywords-keywords yang mahal, tapi ga ada orang yang mencari keywords tsb.

Untuk itu anda lihat ke column paling kanan yang tertulis ”Avg Search Volume”. Akan ada gambar segitiga yang muncul lagi, dan anda bisa memainkan dan mensortir data-data pada column ini sesuai dari yang paling sering dicari atau yang paling jarang dicari.

Lihat gambar kotak persegi panjang yang terisi dengan warna hijau – anda bisa meletakkan mouse anda pada warna tsb dan akan muncul tulisan “Low search volume”, “Average search volume” atau “High search volume”.

Low search volume artinya jumlah orang yang mengetik keywords tsb di Google sangat sedikit.

Average search volume artinya yang mengetik sedang.

High search volume artinya yang mengetik banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s