7 Way to Optimize Adsense

Terima kasih pada Adsense, Blog, RSS feed dan sejenisnya, kita dapat dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang dan dengan usaha yang minimal. Triknya sekarang adalah bagaimana cara untuk mengoptimalkan pendapatan dari Adsense itu sendiri.

PLEASE NOTE: Meskipun Adsense berasal dari Google, tapi ada banyak program setipe lainnya yang tersedia, dengan kemampuan untuk sukses yang sama – beberapa mungkin lebih baik -. Informasi yang ada disini berlaku secara umum untuk mereka semua.

Sementara semua orang lain sibuk mengoptimalkan search engine atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization), dengan mengoptimalkan Adsense saja, sebuah situs dapat menarik cukup banyak trafik dan tentunya kemungkinan pengunjung untuk meng-klik iklan juga lebih besar, dan karena Adsense adalah Pay Per Clicks program, keuntungan jg akan meningkat.

Akan tetapi, selalu harus diingat bahwa semua perjanjian kerjasama Adsense tidak membenarkan setiap bentuk pemalsuan klik, bahkan hanya dengan menuliskan “klik disini untuk mendukung situs ini” dapat berisiko dikeluarkan dari program Adsense yang bersangkutan. Ini tentunya untuk melindungi pelanggan Adword yang telah membayar untuk menampilkan iklannya. Merekalah yang dirampok (bukan Google) ketika sebuah iklan di klik secara tidak bertanggung jawab. Lagipula, Google, sebagai contoh, dapat mengetahui secara efektif setiap klik yang dibuat-buat dan tidak bertanggung jawab.

Dengan selalu mengingat hal itu, dan memahami bagaimana sebuah program Adsense bekerja, kita dapat mengoptimalkan sebuah halaman, secara legal, untuk mendapatkan cukup penghasilan. Petunjuk berikut memang di buat terfokus pada Adsense, tapi banyak yang juga dapat dipakai sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan sebuah situs secara umum.

TOP SEARCHES

Langkah pertama adalah merancang sebuah situs dengan topik yang berhubungan dengan hal-hal yang sering dicari (Top Seach). Ada bermacam alat (Keyword Suggestion Tool, Zeitgeist, sebagai contoh) yang dapat membantu kita untuk mendapatkan informasi ini. Tentu saja, ada juga strategi marketing lainnya, sebagai contoh, mencari grup kecil topik yang mempunyai page-per-clicks dengan kompetisi yang sedikit. Dalam kasus ini, idealnya ada mencari topik dengan pasar yang besar, tapi rasio halamannya kecil. Tapi sayangnya, setelah lebih dari satu tahun, pasar akan penuh dengan topik tersebut, dan mencari topik lain dengan jumlah pasar yang besar dan rasio halaman yang kecil akan sangat sulit dan menghabiskan waktu, bukan jam atau hari, tapi minggu bahkan bulan.

HIGHEST PAYING KEYWORDS (HPK)

Daftar dari kata kunci yang dibayar (High Paying Keywords) tinggi dapat dengan mudah ditemukan di internet. Tentunya menggabungkan topik yang banyak dicari dengan kata kunci yang dibayar tinggi dapat menghasilkan campuran yang aneh. Sebagai contoh, top search saat ini adalah Britney Spear, sedangkan HPK tertinggi saat ini terkait dengan ‘mesothelioma’ dan ‘asbestor cancer’. Jadi, selain kalau Britney Spear berbicara mengenai meothelioma, sangat kecil kemungkinan keduanya dapat digandengkan bersama dengan legal. Tapi kita dapat menggabungkan hal-hal lain yang lebih masuk akal. Intinya adalah hanya dengan menggabungkan kedua hal ini saja (HPK & Top Search), kita sudah dapat mendapatkan cukup trafik untuk mendapatkan pendapatan yang LEGAL dari adsense.

PLACES, PLEASE

Janganlah terlalu banyak menempatkan adsense, apalagi menempatkannya secara dominan di halaman kita. Yang terbaik adalah menempatkan satu banner diatas, dibawah judul, dan satu “skycrapper” disalah satu sisi, dengan isi ditengah.

MULTI-PAGE IT

Satu halaman berisi 2 atau 3 iklan, tapi iklan dapat ditempatkan lebih banyak pada halaman tambahan pada situs kita, contohnya pada halaman “about us”, testimonial, contact, dll.

Sangat ironis bahwa ada banyak penjual yang membuat halaman splash yang panjang dan tentunya tanpa adsense dibanding dengan membuat halaman tambahan yang terpisah. Dengan melakukan hal ini, mereka mengorbankan pendapatan dari adsense karena halaman splash sangat jarang diindex oleh search engine dan terkadang pengunjung merasa terganggu, sebagaiman sebagian lain yang tertarik dengannya, hanya karena keberadaannya. Pahami hal ini: adsense adalah suatu cara untuk mendapatkan untuk dari trafik KELUAR, sesuatu yang pasti akan terjadi, sebagus apapun sebuah halaman itu.

HIGHLIGHT OR BLEND

Sebagian orang memilih untuk membuat adsense menyatu dengan disain halamanya, terkadang hampir tersembunyi sama sekali. Tapi hal ini mengurangi efektifitasnya, dengan meng-hilite-nya, pengunjung lebih sadar akan adanya adsense. Tentunya kita lebih suka pengunjung untuk tetap berada di situs kita, membeli produk dsb, tapi faktanya, banyak yang tidak. Bukankah lebih baik kita mengambil keuntungan dari kepergian mereka ini?

ADSEARCH

Fitur ini hanya ada di beberapa program adsense yang besar. Jika tersedia, menempatkannya di bagian bawah dari halaman kita menawarkan pengunjung cara yang mudah untuk melakukan pencarian tanpa harus pergi ke search engine. Tentunya banyak search engine dan browser yang menawarkan toolbar yang mengurangi efektifitas adsearch ini. Tapi menyediakannya berarti membuat pintu keluar lain yang menguntungkan kita, dan terlihat sebagai sebuah servis dari kita buat mereka juga tentunya.

AFRAID OF COMPETITION?

Beberapa program adsense menyediakan pilihan untuk memblok iklan kompetitor. Akan tetapi, tidaklah mungkin untuk memblok semua kompetitor, jadi, kenapa tidak mengambil keuntungan dari iklan mereka? Ingat mereka yang membayar kita.

Dari: http://blog.djiebrats.net

One response to “7 Way to Optimize Adsense

  1. memang saat ini HPK masih perlu, tapi dgn perubahan arti. hpk sekarang diartikan sebagai nilai maksimal, minimalnya ya tetap $0,01. jadi lbh baik kita pake artikel yg mengandung hpk yg tinggi sekalian dari pada hpk yg rendah dgn harapan bisa dapat nilai maksimalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s